Rencana jalan layang dikota pekanbaru

Pekanbaru-macet-dan padat

Jumlah kepemilikan kendaraan bermotor di pekanbaru makin lama semakin meningkat tajam, seiring dengan pertumbuhan perekonomian dan selaras dengan kebutuhan manusia untuk melakukan suatu pergerakan dengan perangkat transportasi.
Pada jam-jam sibuk (peak hours) di ruas jalan utama seperti  di sepanjang Jl. Jend Sudirman, Jl. Tuanku Tambusai, Jl. Jend Ahmad Yani, Jl. Riau bahkan sampai Jl, harapan raya dan yang lainnya terjadi kemacetan yang lumayan panjang dan antrian yang cukup padat. Keadaan ini telah menyebabkan  menurunnya tingkat kenyamanan pengguna kenderaan, ketepatan waktu, disamping pencemaran udara akibat asap knalpot dan sisa pembakaran kenderaan bermotor.
Di antara penyebab utama terjadinya kemacetan di jalan raya adalah besarnya peningkatan jumlah kenderaan bermotor, terutama kenderaan pribadi yang tidak sebanding dengan kapasitas dan luas jalan yang ada.

ditambah lagi dengan lemahnya pelayanan publik transportasi di kota ini menjadi suatu kebijaksanaan dan tata kota yang salah, hanya ada angkutan kota, busway, taksi, ojek dan oplet atau angkutan kota yang tidak bisa menampung dan melayani rute-rute yang berpenumpang banyak, sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan angkutan umum agar berkendara dengan lebih cepat tepat tanpa perlu tergantung dengan tata transportasi umum yang masih terbilang semraut.

.
Dari aspek kualitas angkutan kota yang diperhatikan yang perlu mendapatkan perhatian adalah kondisi bus kota, pelayanan, keamanan dan harga. Dengan iklim Kota Pekanbaru yang panas, sebaiknya bus kota dilengkapi dengan AC, sehingga akan menyamankan penumpang, walaupun bus dalam keadaan penuh. Kapasitas penumpang harus dibatasi, misalnya berapa maksimum yang duduk dan berdiri.

Ketertiban penumpang harus betul-betul diperhatikan, terutama anak sekolah dan anak-anak yang kerap terlihat bergantung di pintu bus yang  jelas membahayakan keselamatan.
akibat dari masalah tersebut lalu muncullah suatu wacana baru untuk menyelesaikan masalah ini, akan dibangun rencana fly over di kota pekanbaru.
Proyek pembangunan fly over atau jalan layang di Kota Pekanbaru yang diprogramkan Pemprov Riau, melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Riau sudah dimulai tahapan pemasangan tiang pancang. Padahal, proyek ini baru memiliki anggaran RP 40 miliar dari total kebutuhan Rp 170 miliar.

Akan dibangun 2 flyover di pekanbaru untuk fly over di Simpang Jalan Harapan Raya-Sudirman menelan dana Rp75 miliar. Kemudian pembangunan fly over di Simpang Jalan Tuanku Tambusai-Sudirman sebesar Rp95 miliar.

Pertanyaannya apa benar feasibility telah dilakukan dengan bijak dan sesuai dengan tata aturan yang benar, sehingga tidak terjadi tumpang tindih dan kesia-siaan di dalam pembangunannya nanti.

Dan selamat datang jalan layang di kota pekanbaru bertuah..

About these ads

aku adalah rangka, aku adalah tulang, aku adalah darah, aku adalah nyawa..aku adalah aku yang mencoba menjadi lebih baik pada setiap hembusan nafas2 ku..

Tagged with: , , , ,
Posted in Transportation..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Pages
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: