menyimpan konsep 8 bulan lalu

perlahan, ketikan ini semakin lancar, perlahan representasi ini semakin cepat, perlahan juga waktu terasa banyak sudah terbuang percuma, tak menghasilkan sesuatu yang baik dan berguna terkadang

kadang ada gundah yang terlukis di langkah-langkah yang sudah dianggap dewasa, di keputusan-keputusan yang menjadi tersangka

atau terkadang problematika yang menjadikan saya menyalahkan sambil mengkambing hitamkan keadaan..

untung kemarau tak berlangsung lama, untuk terik tak membuat mati rasa, untung kesalahan tak terpendam terus menerus, saat semakin tersadar bahwa dengan badan yang semakin berat untuk bergerak, dengan jenggot yang semakin lebat, dan dengan umur yang semakin menua, saya mulai prihatin dengan diri sendiri

menghadap kekaca, melihat diri

dan bertanya..

sudah apa yang saya lakukan untuk orang lain, untuk keluarga dan untuk diri saya sendiri..

jika terhimpun pada bilangan mungkin bernilai 0, bila terhimpun pada representasi cahaya mungkin cuma 1 hari cahaya

sisanya? abu-abu dan gelap dan polemik atas diri sendiri

hari ini, saya mengambil pisau cukur, mencukur seluruh jambang, dan jenggot saya, membotakki rambut saya, membersihkan kamar saya, mulai membaca buku lagi, belajar lebih banyak lagi, berusaha lebih keras lagi.

dan percaya bahwa saya, anda dan siapa saja adalah hasil dari perjaunganya sendiri

hasil dari keringatnya sendiri,

hasil dari motivasinya sendiri,

hasil dari doa-doanya sendiri

dan yang pasti bentukan dari kepercayaan, konsep yang dibangun, doa dan harapan dari alam bawah sadarnya sendiri

dan saya cukup percaya untuk hasil taburan yang terbaik butuh benih yang terbaik

butuh keringat yang terbaik, walau kadang meringis tapi takkan aku menyesalinya


Leave a Reply

