cerita lalu

mungkin kau anggap saya adalah nilai kesalahan itu sendiri, yang terkadang saya sendiri tidak mengerti.

atau memang pencitraan purnama tidak akan pernah sempurna bila hujan masih turun dan memang sudah waktunya bulan membentuk purnama penuh

mengingat setahun lalu, ketika kita coba mendekat bersama-sama, mulai menghabiskan waktu bersama-sama dari mulai nonton, makan dan mungkin sekedar berbincang kecil yang menjadi panjang dan lebar. masih ingat di tree house waktu saya menjemputmu dari gerbang kampus, dan mengajakmu makan malam, ya makan malam berdua saja, ngobrol sampe tengah malam, dan mengantarkanmu pulang kekosanmu.

masih ingat waktu hujan-hujan kamu nunggu saya yang kemacetan di simpang dago, mengeluh “bang, biasanya cowo lo nunggu cewe, kok sekarang kebalik ya” protesmu

aku hanya tersenyum, sambil memasang payung untuk kita berdua menyusuri dago mencari makan malam, ya itu malam minggu, malam minggu pertama saya dengan kamu. pulangnya saya mengantarmu dan sebelum pulang saya masih ingat, saya bilang

“kamu hati-hati ya dijalan”

kamu mengangguk pertanda setuju, mengambil tangan saya dan menyiumnya

lalu bilang, sebesar itu lah respek saya sama kamu bang..

saya cukup senang, dan bahagia, dari simpang menuju kosan saya hanya senyum-senyum sendiri, tertawa sendiri. mungkin saat benih kecocokan dan kenyamanan menjadi suatu yang lebih disebut namanya sayang..

masih ingat juga waktu kamu telfon saya, kemudian menangis, kita bicara panjang lebar.

sayangnya dimasa itu, saya tidak berada dizona aman saya, sehingga mengorbankan kamu yang dekat dengan saya

saya tidak dizona aman secara finansial, saya sedang diliputi dengan penghematan pulsa dan segala macam karena tabungan mulai menipis, saya mulai sibuk mengerjakan proyek sana sini sampai lupa makan, dan sampai pagi untuk menambah uang kuliah saya yang kamu tau sendiri saat saya berjanji akan membayarnya dengan keringat saya,

sayangnya kamu berada pada saat saya mulai berjalan, dan beberapa kali terjatuh, atau lebih buruknya tersungkur, mencoba bangkit, jatuh lagi dan bangkit lagi dari zona finansial yang pas-pasan kemarin.

saya tak punya waktu untuk memperhatikan kamu, memperhatikan diri saja saya sulit, saya tak punya waktu untuk menelfonmu, tak punya waktu untuk kita jalan. dan sederhana, terjadi salah paham, jarak yang terlalu renggang dan akhirnya kita pisah dan ditutup dengan hal yang tidak baik mungkin.

mungkin sudah jalanNya kita seperti ini, kamu masih ingat waktu saya cerita mungkin tahun depan saya ke jepang, atau kamu masih ingat dengan perihal saya ingin menikah tahun depan juga. itu konteks yang sudah berbeda denganmu

saya tau kamu pintar, sangat malah, saya juga merasa saya masih kalah dengan kamu, saya tak mau mengorbankan apa-apa hanya demi rencana-rencana saya itu, saya tau kamu lebih dari itu, dengan modal bahasa inggris kamu yang tergolong wah sangat sulit untuk menghentikan laju mu.

tak ada yang salah dengan rasa nyaman, berjalan bedua tengah malam, mungkin yang salah masalah perbedaan tingkat umur yang cukup signifikan, saya 5 tahun lebih tua dengan kamu, dengan modal pendidikan s2 yang hampir selesai saya selalu ingin buru-buru menikah dan melanjutkanstudy dan kehidupan ke luar negri, yang pasti nya saat itu kamu masih di semester 6, sulit?rumit? ya.. sangat sulit

semua sudah berlalu, masih membaca beberpaa notesmu yang selalu buat saya terkagum-kagum dengan kemampuan menulis dan bicaramu, kemudian saya dan kamu mulai terpisah, tidak berhubungan, saya sibuk dengan hidup saya kamu juga, terakhir saya liat di facebook kamu sudah in relationship with, mungkin dia yang terbaik, yang lebih sepakat dengan mu.. mungkin ini sudah jalannya

terakhir waktu saya duduk dibelakangmu waktu digereja saya senang, melihatmu baik-baik saja, sederhana

melihatmu senang dan senyummu lebih lebar dari yang dulu..

sambil nyanyi juga kali ya

“kau ada yang memiliki, aku ada yang memiliki….”


Leave a Reply

