Solusi Transportasi Umum kota Pekanbaru

Di bagian mana kita letakkan rencana-plan dan segala macam perihal yang berkisah tentang transportasi perkotaan di kota bertuah, kota yang menjadi ibu kota Provinsi Riau, besar dan bermartabat.

Kota yang cukup teratur dan memiliki tingkat kedisiplinan yang masih cukup tinggi di masyarakat. Beberapa kali menang piala adipura, kebersihan, keteraturan, soal kebersihan jangan ditanya, tapi kalau TRANSPORTASI? Ups…nanti dulu,

Bicara transportasi dikota ini seperti menciptakan dunia baru,perkembangan? Nanti dulu, bila ada grade A sampai D saya memberikan grade C mungkin minus bagi dareah ini.  yang berbeda dengan kota lainnya, transportasi umum di daerah ini menurut saya tergolong BURUK, dengan tidak adanya sistem perpindahan, multi moda, angkutan umum yang aman dan nyaman, dan rute ruang yang sangat terbatas. Bayangkan anda hanya akan menikmati angkutan umum pada jam-jam tertentu, menikmati rute-rute yang hanya jalan besar dan tertentu saja, bayangkan anda berada di jalan arteri sekunder atau lebih buruk lagi gambar kolektor, maka saya ucapkan selamat menepuh jalan kaki yang cukup matang, taukah anda tingkat pejalan kaki di kota ini cukup rendah, umm… mungkin menurut saya sangat rendah

Di balik itu lihat saja, pertumbuhan kendaraan pribadi, bagai jamur di derah terinfeksi dan tumbuh subur, dari mulai mobil, atau sepeda motor yang jumlahnya sudah sangat banyak sekali di kota ini, semua didorong dengan tingkah polah yang menjadikan sepeda motor menjadi kendaraan wajib di tiap rumah, buruknya pelayanan lalu lintas, sedikitnya angkutan umum yang proporsinya mewadahi pengguna hanya akan menjadi api  dalam sekam bila tak juga diperbaiki, perlahan tapi pasti  masyarakat sudah dicekoki dengan pola-pola yang berkontekstual yang berbeda dengan arti Masyarakat Madani, Masyarakat Melayu yang Maju dan segala sebutan berharga lainnya.

Kita bicara tentang kebijakan infrastrukur masyarakat, tapi itu bukan bloody answer dari semua masalah yang mengakar, yang ada pemerintah yang kurang cermat melakukan pendidikan dini tentang Transportasi Umum yang baik, ingin membenahi? Ini mungkin pertanyaan yang berpuluh, beratus , beribu kali dipertanyakan. Jawabannya tetap sama “mari berusaha dimana setidaknya semua elemen pernah mencoba menjadi lebih baik bila sudah ada prospek kemajuan teknologi transpotasi”

Kita tidak pernah lupa kemajuan transportasi suatu daerah mencerminkan kemajuan derah, ke ’berpendidikan’ daerah itu sendiri, persiapan mental yang menuju ke arah KOTA MAJU, anda mungkin tidak akan pernah lupa jepang dengan kereta shinkansennya yang maju,tidak pernah lupa walikota mexico city yang habis-habisan merombak sistem transportasi di kotanya, tidak lupa bagaimana Sutiyoso “berdarah-darah” memperjuangkan Busway , yang sudah bisa dinikmati oleh masyarkat kita, berhasil? Nanti dulu kita bercerita tentang keberhasilan. Yang penting kita sudah ada diposisi kemauan, kajian, penelitian tentang kemajuan representasi yang akan memperbaiki kemajuan transportasi.

Saran saya

  1. Perbaiki rute angkutan umum sampai ke jalan-jalan kolektor,
  2. Perbaiki tingkat pelayanan bagi penumpang angkutan umum
  3. Beri subsidi kepada penumpang dan penyedia jasa sebagai salah satu syarat pemerintah sebagai Penstimulus kebijakan yang dikembangkan.
  4. Beri perhatian lebih angkutan-angkutan bus kota, angkot atau oplet dan beri mereka ruang untuk lebih maju
  5. Stimulus dan dorong masyarakat untuk mulai menikmati dan memanfaatkan angkutan umum dan mengetahui akan angkutan umum dan masyarakat itu cukup baik bagi perkembangannya..

Mungkin hal diatas tergolong plan Makro transportasi yang saya bahas, namun saya percaya memperkenalkan dan mengakrabkan diri dengan transportasi umum bagi masyarakat itu sangat penting, bila tidak kita tinggal menunggu luka yang kemudian menjadi borok yang tak terobati bagi masyarakat.

Salam

Robby satria, ST


3 thoughts on “Solusi Transportasi Umum kota Pekanbaru

  1. Selamat sore…
    nama saya rahmi…
    saya mendapat tugas dari dosen saya yang mengajar sistem transportasi… beliau menjelaskan bahwa sistem transportasi makro terdiri dari sistem kegiatan, sistem jaringan, dan sistem pegerakan.. ketiga sistem tersebut saling berkaitan dan saling mempengaruhi..
    saya ingin menanyakan,, contoh dari :
    1. sistem kegiatan yang mempengaruhi sistem jaringan di kota pekanbaru
    2. sistem jaringan yang mempengaruhi sistem kegiatan di kota pekanbaru
    3. sistem kegiatan yang mempengaruhi sistem pergerakan di kota pekanbaru
    4. sistem pergerakan yang mempengaruhi sistem kegiatan di kota pekanbaru
    5. sistem jaringan yang mempengaruhi sistem pergerakan di kota pekanbaru
    6. sistem pergerakan yang mempengaruhi sistem jaringan di kota pekanbaru

    sebelumnya,, saya berterima kasih atas partisipasinya… jawaban dari anda sangat saya harapkan…
    terima kasih….🙂

  2. wah lengkap sekali pertanyaannyanya mungkin anda bisa membaca buku ofyar tamin untuk mempermudah anda mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan anda, dan ditambah juga dengan googling dari tempat2 yang ada di pekanbaru untuk memudahkan anda mengerti dr proses pengertian ini.
    saya bantu untuk menjawab pertanyaan anda dan mungkin tidak begitu lengkap
    1. sistem kegiatan yang mempengaruhi sistem jaringan di kota pekanbaru
    kegiatan, mungkin sekolah, pusat perbelanjaan seperti pasar dan mol, dan tarikan lainnya.
    2. sistem jaringan yang mempengaruhi sistem kegiatan di kota pekanbaru
    jaringan yang mempengaruhi, jaringan jalan terdiri dari jaringan jalan darat, sungai mungkin anda bisa mengembangkan secara lebih gamblang dan kontekstual
    3. sistem kegiatan yang mempengaruhi sistem pergerakan di kota pekanbaru
    perumahan sebagai atribut bangkitan, dan kantor seperti di jl.nangka yang memperngaruhi tarikan pada sistem pergerakan
    4. sistem pergerakan yang mempengaruhi sistem kegiatan di kota pekanbaru
    pergerakan yang mempengaruhi kegiatan mungkin tata letak kantor, yang berpusat di jalan sudirman dan pusat pergerakan terbanyak adalah jl,.sudirman sebagai jalan terbesar dan tersibuk di kota pekanbaru
    5. sistem jaringan yang mempengaruhi sistem pergerakan di kota pekanbaru
    sistem jaringan yg mempegnarhui mungkin adalah jaringan jalan dan ditambah adanya penggunaan transpekanbaru yang bersesuaian dengan sistem pergerakan di kota bandung.
    6. sistem pergerakan yang mempengaruhi sistem jaringan di kota pekanbaru
    pergerakan atribut tarikan dan bangkitan dikota pekanbaru seperti pergerakan pekerja kantoran memperngaruhi jaringan yang menghubungkan.
    mungkin untuk lebih lanjut bisa diskusi

    1. terima kasih banyak atas jawaban yang sudah anda berikan kepada saya. jawaban anda membuat saya sudah cukup mengerti…
      sekali lagi terima kasih banyak….🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s