prinsip itu beda-beda ya ndak papa

kita tidak bisa memaksakan sesuatu yang sesuai dengan pola fikir dan prinsip kita sendiri, apakah itu prinsipil, faham, cara hidup, agama atau apalah yang mungkin beradu padu pada ketidak singkronan yang sudah tertata rapi, atau pun kurang rapi dalam peradaban manusia yang sudah berjalan ribuan tahun.

logikanya bila si A tidak suka B, maka C tidak bisa memaksa si A untuk suka B, dan berikutnyalah. yang sudah diterima oleh pemikiran banyak orang.

jika si A merasa menggali tanah itu yang paling baik ialah menggunakan sekop, dan menurut B cara menggali tanah yang terbaik itu ialah menggunakan cangkul ya tetap saja tidak bisa dipaksa si A untuk make cangkul dan si B harus make sekop.

ndak bisa itu, ndak bisa!

demikian juga saat kita bicara tentang hukum-hukum masyarakat, tidak juga untuk memenangkan satu pihak atau mengalahkan pihak yang lain, ya walaupun saya sendiri tidak kenal pihak mana yang seharusnya menang dan pihak mana yang seharusnya salah.

kutipan diatas saya ingat sebagai suatu prinsipil yang membentuk bahwa anda, saya dan orang lain memang berada pada dimensi yang tidak sama, punya tingkat pemikiran berbeda, dan bahkan punya faktor kepentingan hidup yang masing-masing berbeda.

jadi anda saya dan siapapun tidak memaksa saya, anda dan siapapun untuk melakukan hal-hal yang saya anda siapapun tidak sukai.

logikanya benar ga ya?

yah inti dari pola fikirnya ialah

bukannya perbedaan itu untuk dikompromikan bukan untuk disatukan.

kalo tidak kenapa Tuhan menciptakan jutaan, milyaran karakter dan pola fikir, dan perbedaan. dan sadarlah bumi ini ndak sempit bukan sebesar tanah abang.!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s