Meningkatkan semangat hidup

Memikul dan melepas beban

ketika memasuki hari senin seperti biasa saya masih tergolong suatu komunitas yang didalamnya terdapat ratusan juta orang yang tergolong dalam satu komunitas ” i hate monday, saya benci hari senin” setelah asik bercengkrama dan bermain, istirahat dan melakukan sesuatu perbuatan yang menyenangkan di hari libur, anda dihadapkan pada satu monster yang luar biasa “hari senin” emosi-tempramen-crowded-progress-dan selamat tinggal juga senyum yang biasa terbentuk lebar di akhir minggu.

lalu seiring bertambahnya waktu, bertambah pula rasanya beban hidup. bertukar pula tipikal-tipikal yang harus anda perjuangkan, bertambah beban hidup semakin meningkat dengan variabel sama dengan bertambahnya tingkat tekanan dan stress yang berpola buruk bagi kesehatan.

stress-struck-stop|

tingkat periodik yang banyak terjadi di masyarakat.

saya ingin share suatu tulisan yang mungkin cukup membantu saya meningkatkan mood dan memperbaiki tingkat kepercayaan diri untuk menghadapi beban yang berkorelasi sama dengan waktu, artinya beban akan selalu meningkat seiring bertambahnya waktu.

pagi ini saya membaca kompas health sebelum berangkat ke kampus untuk menyelesaikan tesis saya, seperti biasa juga saya tipikal orang yang moodian, yang bekerja kalau ada “mood” dan tidak terlalu rajin juga. apalagi harus menghadapi yang namanya hari senin.

Berikut saya kutip petikan dari kompas.

Saya mendapatkan artikel menarik dari milis teman sejawat beberapa bulan lalu (Psiindonesia.org.tiwinherman, 2010) yang isinya sebagai berikut:

Pada saat memberikan kuliah tentang Manajemen Stres, Steven Covey, pakar Leadership-7 Habits, mengangkat segelas air dan bertanya kepada para siswanya: seberapa berat menurut Anda segelas air ini?

Para siswa menjawab mulai dari 200 gr sampai 500 gr. ”Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama Anda memegangnya,” kata Covey.

”Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin Anda harus memanggilkan ambulans untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin berat.”

”Jika kita membawa beban kita terus-menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya,” lanjut Covey. ”Yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi.”

arti artikel itu saya ingin mengajak Anda agar kita tidak sepanjang hari terus merasa merana dan memikirkan kesulitan yang sedang kita tanggung. Cobalah meninggalkan beban kita secara periodik agar kita dapat merasa lebih segar, kuat, dan mampu membawanya lagi. Misalnya sebelum tidur tinggalkan dulu beban itu. Apa pun beban yang ada di pundak kita hari ini, coba tinggalkan sejenak jika bisa. Setelah beristirahat nanti dapat diambil lagi, untuk dipikirkan juga jalan keluarnya.

Mengubah cara pandang

Ada beberapa hal yang dapat Anda lihat sebagai hal positif dan menghibur Anda. gelas yang setengah penuh juga berbeda maknanya dengan gelas setengah kosong walau memiliki pengertian yang sama, jadi berusahalah untuk memandang sesuatu dari sisi positif dan kemungkinan yang mungkin terjadi diluar logika anda.

Cobalah juga untuk melihat orang-orang sekeliling yang lebih pahit dan sulit hidupnya. Misalnya kenalan yang masih muda tapi sakit keras sehingga tak bisa mencari nafkah untuk keluarganya. Artinya, syukurilah bahwa tubuh Anda sehat sampai sekarang sehingga dapat tetap bekerja, berusaha, berpikir jernih, dan berkreasi.

Melangkah ke depan

Kunci utama agar tidak terlarut dalam perasaan negatif yang bisa ”melumpuhkan” kita adalah harus tetap punya harapan, sepahit apa pun hidup selama ini. Dengan kata lain kita perlu memotivasi diri kita agar terus berdaya menghadapi hari esok. Kita juga dapat menyimak beberapa asas sukses dari Skip Ross (1978) agar kita sukses dalam memperoleh dan mempertahankan pekerjaan kita.

1. Asas Tindakan (Lakukan sekarang, jangan menunda).

2. Asas Antusiasme (Curahkan segenap daya-upaya: pikiran, semangat, dan rasa terhadap setiap kegiatan yang dilakukan).

3. Asas Disiplin Diri (Lakukan apa yang seharusnya dilakukan, terlepas dari senang atau tidaknya melakukan pekerjaan itu).

4. Asas Kegigihan (Lakukan terus-menerus sesuatu sampai tuntas walaupun menghadapi berbagai rintangan, kendala, dan penolakan. Contohnya adalah Kolonel Sanders yang punya resep ayam goreng yang terkenal di seluruh dunia. Ia mengalami penolakan sampai 1.008 kali sebelum akhirnya berhasil diterima di sebuah restoran).

Jadi pantanglah menyerah!

Jangan lupa untuk terus-meneruslah berdoa karena menurut Paul Arden (2007), jika kita berdoa dengan tekun dan sabar untuk satu hal, kita sering kali memperoleh apa yang kita inginkan. Namun, jika kita mendoakan banyak hal sepintas lalu, doa kita tak akan terkabul, karena kita tak sungguh-sungguh menginginkannya.

Salam sukses.

dan selamat hari senin dari saya..:)


One thought on “Meningkatkan semangat hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s