membentuk tujuan.

Membentuk Tujuan

tulisan ini sebagian saya tulis ketika akan pulang ke Indonesia, sebulan yang lalu, dan sebagian lagi hari ini.

tidak ingat kapan tepatnya tapi kalau tidak salah februari akhir di KLCC kuala lumpur sehabis transit dari Bangkok.

kita yang muda muda ini sering berjuang dengan proses yang menggerutu, menyakitkan. mungkin disebut proses “manja/zona nyaman” yang masih melingkar di diri, kondisi yang paling sulit untuk kita hadapi.

dilain pihak Born from pain adalah kasta paling tinggi dari kesuksesan, bila anda terlahir kaya dan kembali menjadi kaya itu sangat biasa saja, bila anda terlahir dari keluarga miskin dan dewasa menjadi seorang pria mapan? itu baru jempol.

ditulisan ini saya ingin membahas tentang keinginan, dan target yang menjadi akomondasi paling awal menjadikan sketch rencana menjadi nyata.

sebanyak apa kita mengenal pribadi kita, mengenal sosok di kaca yang suka sekali memegang rambut, merapikan baju, atau sekedar tersenyum di depan cermin sambil berucap.

“gw ganteng/ cantik juga ya”

oke bukan itu poinnya!

pertama

PROSES

hasil yang baik, membutuhkan proses yang baik, bibit yang baik memerlukan tanah yang baik, pupuk yang tepat dan jumlah kandungan air yang cukup  dan proses yang membentuk membutuhkan faktor faktor penentu. memilih lingkungan dan sahabat dekat dan zona yang benar adalah proses yang sangat penting. bagaimanapun kita pasti terpengaruh dengan lingkungan. mau -bagaimana-pun.

KEPERCAYAAN DIRI

satu hal yang mungkin kurang kita miliki adalah rasa kepercayaan diri, kita tau kita benar, kita tau kita bisa tapi masih tetap kita berdiri pada kepercayaan bahwa batasan batasan tertentu yang menciptkan kita tidak bisa.

seberapa sering diri sendiri dicekokin obat pahit yang bernama ketidak percayaan diri.

TUJUAN

begini, pada dasarnya teori kreatif dan kepercayaan diri dibangun oleh inovasi dan konsistensi, konsisten untuk melahirkan dan mempelajari hal hal baru dalam jangka waktu tertentu.

saya belajar kepada seorang sahabat tentang target target yang harus tercapai pada waktunya, misalnya sekiranya dalam tiga bulan kita berharap sudah menghabiskan 4 novel baru, 3 tulisan baru, dan 1 program, event menamatkan 1 seri game terbaru. ada juga yang menekan bahwa dalam target satu tahun ini saya akan mengunjungi kota ini itu dalam satu papan di kamarnya. atau malah sebelum umur 30 harus sudah sedang mengambil sekolah doktor dan lain dan lain sebagainya.

saya mengcopy-paste hal hal tersebut dari lingkungan lingkungan saya, mungkin hasil dari target target tidak berjalan dengan baik sekali, ada yang meleset, ada yang malah tidak berhasil, ada yang berhasil tapi poin paling penting saya perlahan sudah memiliki tujuan yang perlu saya kejar.

dari sekian banyak orang -kita yang masih muda muda ini bila ditanya, ingin menjadi apa, mungkin saya yakin lebih dari 50% nya masih menjawab dengan makro, ingin menjadi dokter, ingin menjadi engineer, dokter apa? spesialiskah? dokter anak kah, dokter di daerah terpencilkah, engineer apa?pengajar kah, yang bergerak di bidang konstruksikah, atau malah menjadi peneliti.

kita dianugerahi hidup yang penuh pilihan yang sayangnya seringkali tidak terjawab oleh diri sendiri.

Start As Soon As You Can

memulai secepatnya, tidak perduli, seberapa jauh kita berbeda dengan harapan harapan, berjuanglah untuk itu, mengambil resiko akan mendewasakan diri dalam bertindak,

Take the highest Risk on your Decision

mengambil resiko itu menyenangkan bisa memaksa dir untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

tempo hari saya pernah mengajukan surat pengunduran diri dari kantor yang sudah cukup memberikan kenyaman finansial kepada saya bahkan sebelum mendapat pekerjaan baru, rencana saya cuma satu, saya ingin menyelam dan mengenal dunia konstruksi karena sudah pernah rasanya di dunia konsultan. ketika ditanya mau bekerja dimana? saya tidak tahu, yang saya mau bekerja di dunia konstruksi minyak dan gas. titik, tidak pakai koma atau tanda baca lain.

sampai akhirnya batin kita bisa percaya selalu ada jalan keluar yang tersembunyi di balik niat niat baik.

dan yang diperlukan adalah percaya, teguh, kokoh dan yakin bahwasanya kita punya Tujuan Hidup yang lebih dari sekedar Hidup!.

punya mimpi? percayalah, berusahalah dan berdoalah…

– Rekayasa Industri Offshore site construction.

ditengah Selat sunda,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s