tentang bekerja

“kutu loncat itu tidak akan kemana mana”

begitu petikan ucapan manager saya tempo hari, berbeda hampir 10 tahun beliau menganggap kita kita engineer yang muda sebagai adiknya, mulai dari perdebatan teknis desain Mechanical, Pipe, Offshore, Civil bahkan sampai menggurui kita masalah pernikahan, investasi dan hal remeh temeh seperti membeli rumah dengan memanfaatkan kredit BTN (*sius ini bukan sedang promosi)

bekerja itu bukan sesuatu yang di naifkan hanya mencari rupiah per rupiah, saya pernah bahas dengan sahabat. bila hanya ingin kaya ber-daganglah. dengan menjual ubi-pisang dan mengelola ternak lele dengan baik pemasukan anda perbulan pasti lebih dari 10 juta.

bekerja itu passion sih, menurut gw. panggilan hati, kesenangan-terlepas dari banyaknya materi yang akan diterima nantinya (based on people) kalo gaji mau sejuta, lima juta sampai sepuluh juta juga pasti kurang.

tapi ada proses dimana kita dikualifikasi untuk menjadi maju, dengan peranan di jabatan, proses dimana kita harusnya menjadi lebih maju ketika berdisuksi, bertemu dan dibebankan satu pekerjaan ke pekerjaan lain. mengaplikasikan pendidikan untuk orang banyak.

seperti membentuk pola ukiran dari batu cadas kalau menurut saya.

setelah menyelesaikan pendidikan S-1, S-2 bahkan S-3 kita semata mata adalah batu, yang padat kokoh dan terkesan angkuh untuk bisa merubuhkan bagunan apa saja didepan.

padahal kenyataannya tidak demikian, batu hanya akan menjadi batu bila tidak diukir dengan baik yang bisa menghasilkan ukiran, patung atau arca yang berfungsi sebagai keindahan.

titel sedemikian rupa tanpa pengaplikasian yang baik dan rasa sosial yang kuat hanyalah akan menjad title. bekerja-menjadi dibawah-berusaha dan terus menekuni adalah pahatannya sehingga kita menjadi profesional -profesional yang kuat bukan hanya di bidang teori, tapi juga di praktek dan menjadi praktisi.

bekerja dengan attitude bukan hanya untuk diri sendiri adalah nilai tambah yang poinnya sangat luar biasa untuk mendorong kita terus maju.

absurd, lagi di kantor sendirian…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s