terminal akap di soeta

kondisi memprihatinkan terjadi di terminal 1 bandara Sukarno-hatta, overload? bad service? or what? terminal keberangkatan dan kedatangan saat ini tidak jauh beda dengan tipikali sebuah terminal bus antar kota antar provinsi, padat, sulit bergerak dan terkesan jorok.

Bila dirunut untuk kembali ke fungsi Airport terminal itu sendiri

An airport terminal is a building at an airport where passengers transfer between ground transportation and the facilities that allow them to board and disembark from aircraft.

Terminal menjadi semacam pintu kedatangan yang menjadi citra pertama ketika pendatang meninjakkan darat di satu kota, dengan penjualan citra itu saja kita bisa saja kita gagal untuk menjual pintu masuk “kenyamanan dan rasa aman” yang menjadi kewajiban utama yang harus dimiliki suatu bandara, Internasional pula kelasnya.

saya pernah beberapa kali ke bandara bandara lain, mungkin tidak banyak namun Changi, KLCC dan suvarnabhumi, yang jauh lebih nyaman bentuknya.

Point dari permasalahan yang pertama adalah.. Traffic

let me guess, overload, traffic penumpang pesawat terbang di indonesia menunjukkan trend yang positif beberapa tahun belakangan, didukung oleh banyaknya maskapai yang menyediakan harga middle down yang sangat masih dalam kemampuan ability to pay masyarakat sehingga pertumbuhan pengguna pesawat terbang di Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. namun seharusnya trend positif berkembangnya traffic pesawat terbang menjadi hal yang baik yang bisa mendukung pertumbuhan dan traffic itu sendiri. Untuk sup yang lebih banyak kita butuh mangkuk yang lebih besar.

Dalam kondisinya bandara perlu perbaikan sana sini, untuk saat ini kita masih bicara Infrastructurenya saja yang seharusnya tidak terlalu rumit untuk dijadikan kenyataan oleh pemerintah dalam hal ini Angkasa pura, pembentukan pelayanan yang baik, kenyamanan dan tingkatan m2 penumpang harus dicermati sesuai dengan standard nasional bila perlu standar internasional, kenapa tidak? Kita butuh goal goal yang lebih besar untuk memajukan system pergerakan dan transportasi di masyarakat saat ini.

 

Kondisi di terminal sukarno Hatta sendiri terbagi atas:

  1. Sub Terminal 1A: Lion Air dan Wings Air (seluruh tujuan domestik kecuali Sumatera)
  1. Sub Terminal 1B: Lion Air (Domestik khusus Sumatera), Sriwijaya Air, Kartika Airlines, dan Express Air.
  2. Sub Terminal 1C: Batavia Air, Garuda Citilink, dan Airfast Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s