januari awal

menulis seperti suatu komoditi tersier bagiku saat ini, rasanya seperti barang mahal dan langka pula.

tidak ada satupun tulisan yang selesai beberapa bulan belakangan, tidak dengan digest untuk proposal disertasi yang seharusnya aku submit kemana mana untuk mendapat peluang lebih banyak dan kemungkinan lebih besar, tidak dengan novel yang seharusnya ditulis sampai selesai dan bergeriliya untuk menemui penerbit penerbit seperti rekan rekan yang sudah mempublikasi karya2nya, tidak juga dengan blog yang dapat ditingkatkan trafficnya sehingga bisa bermanfaat untuk advertising.

kadang aku kehilangan semacam energi disini

mess-site-mess-site dan tidak kemana mana, saat ini aku tidak belajar sesuatu yang baru, selain belajar lebih banyak menggunakan tangan kiri, lebih sering bermain pingpong dan basketan bila ada waktu senggang, tidak ada hal hal yang memicu adrenalin yang bisa membikin antusias, aku takut prioritas tentang waktu yang terus berlalu, umur yang semakin bertambah, uban yang mulai tumbuh dan aku yang semakin tua umurnya.

produktifitas yang mengecil mungkin dibentuk oleh lingkungan aku rasa, aku kehilangan bentuk terbaik dalam berkarya dan berproses, untuk maju menemui batu lalu lompat untuk mencari batu yang jauh lebih tinggi, demikian seterusnya dan seterusnya dan seterusnya.

aku merasa tidak nyaman dengan kondisi ini, harus ada gebrakan untuk terus maju pada batas dimana waktu tidak bisa mundur. ada yang bilang kadang ada masa dimana kita tidak mampu untuk melawan kondisi dan keadaan, yang mampu kita lakukan adalah terus bertahan dan mencari jalan keluar sekecil apapun untuk bisa lepas dari satu rotasi yang menjemukan ini.

semoga bisa jerit hati kepada diri.


Leave a Reply

