Perlakuan Terhadap Material Konstruksi

dalam pengemasan satu proyek, keterikatan antara proses konstruksi dan proses procurement (pembelian material) sangat berikatan satu dengan yang lainnya, aheadnya suatu proyek konstruksi sangat dipengaruhi oleh material yang dibutuhkan untuk penyelesaian proyek konstruksi tersebut sendiri, dalam hal ini keterikatan antara pengadaan material (tools, consumable, equipment), pengiriman material, dan sampainya maerial dengan aman di site menjadi faktor yang perlu dicermati lebih dalam (critical path), karena keterlambatan pengiriman akan berefek pada kemunduran dari sisi konstruksi dan penyelesaian proyek seluruhnya (all).

untuk itu ada beberapa bagian bagian yang perlu di perhatikan dalam menghandle suatu material konstruksi.

  1. Check spesification:   Seluruh spesifikasi untuk kontrak dan pembelian material harus sesuai dan sudah approved oleh engineer dalam hal ini lebih dan akan sangat baik bila ada bukti tertulis permintaan (Purchase Order) yang valid
  2. Approval :     Dalam approval pihak material perlu mengetahui time to time progress, tempat pembelian, penguji cobaab, dan spesifikasi yang sudah benar antara design dan produk yang dihasilkan dari produsen
  3. Inspection and Testing:    Sebelum material (equipment) dikirimkan ke site oleh vendor, maka diperlukan satu inspeksi yang benar terhadap equipment yang dikirimkan tersebut, sehingga setiap kekurangan atau error yang mungkin terjadi sudah terdefenisi dengan baik, dan dapat dilakukan perbaikan untuk keseuaian equipment tersebut.
  4. Covering:      Sebelum pengiriman seluruh material seharusnya di cover sesuai fungsinya dengan baik, agar dapat dipastikan material yang dikirimkan tidak rusak dan mencegah setiap kemungkinan eror yang bisa terjadi.
  5. Pengiriman:    Make sure, pengiriman dilakukan pihak yang kompeten, dan selalu lakukan tindakan expedite posisi barang yang dikirim tadi dengan valid dengan sistem tracking sehingga barang barang yang sudah dipesan dapat di estimate sesampainya di site with well planned.
  6. Uncovering, removal of material :     Setelah sampainya disite, dibutuhkan perlakuan baik terhadap material material yang sudah sampai, diletakkan pada tempatnya, dengan cara yang teratur lalu kemudian dilakukan uncovering dan removal untuk memastikan material sampai di site dengan baik sesuai dengan spesifikasi dan jumlah as per Packing list dengan baik.

 

Dengan adanya perhatian perhatian khusus terhadap material yang dibeli apakah itu dengan atau tanpa pengiriman, maka dalam kondisi besar, dan efek dominonya dapat mempercepat pekerjaan konstruksi di site / lapangan.

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s