4 Penyebab Umum Keterlambatan di dalam Proyek

Keterlambatan dalam konstruksi menjadi masalah yang paling awam dalam penyelesaian suatu proyek konstruksi, dan ketika mulai membicarakan masalah keterlambatan/ delay kita tidak dapat menunjuk satu komponen/ variabel yang di sebut kambing hitamnya, more than it.

dalam keterlambatan/ delay di dalam proyek konstruksi ada banyak faktor yang dapat mengakibatkannya, namun di bawah ini dari berbagai macam faktor researcher dan dari pengalaman lapangan maka berikut adalah list yang dapat mengakibatkan keterlambatan dalam suatu proyek:

a. Labour Supply

ada 3 hal yang sangat mempengaruhi proyek konstruksi, tenaga kerja, material dan tools, ketiganya saling mengikat dalam satu segitiga yang berkaitan satu dengan yang lainnya, in case untuk problem labour supply menjadi variabel paling berpengaruh dalam penyelesaian konstruksi. tenaga kerja menjadi pion paling depan dalam menyelesaikan proyek konstruksi, dengan tatanan skill labour dan good supervisi maka target target dan productivity dalam suatu proyek akan bisa sangat terjaga sekali.

b. Delivering Material on Site

material material material, memang menjadi komponen yang penting dalam konstruksi adanya tenaga kerja namun tidak didukung material ataupun consumable maka proyek konstruksi tidak akan bisa diselesaikan dengan baik. dengan penjagaan (expedite) terhadap pengiriman dan pengadaaan material dan ETA (estimate Time Arrival) yang tepat maka dapat menjaga progress konstruksi bisa berjalan dengan sangat baik.

c. Subkontrakor

bagi Main Kontraktor atau kontraktor utama, sub kontraktor adalah mitra sejalan dalam penyelesaian tujuan yaitu penyelesaian pekerjaan konstruksi yang tepat guna, tepat kualitas dan tepat harga dan tentu penjagaan terhadap masalah safety dan kenyamanan bekerja. dengan demikian sedikit banyakya sub kontraktor berpengaruh pada percepatan dalam penyelesaian proyek konstruksi, subkontraktor yang baik akan sangat membantu dalam progress dan productivity, namun dilain pihak sub kontraktor yang memiliki banyak problem akan menambah masalah baru. notesnya: pilh sub yang sudah berpengalaman dan memiliki good record sebelumnya.

d. Unrealistic Project Time

Proyek dapat diselesaikan dengan faktor variabel waktu yang bertahap, sesuai dengan method dan perturan standar yang berlaku, dengan perhitungan project time yang tepat ketika diajukan ke owner maka sangat membantu untuk penyelesaian project dengan tepat waktu, namun apabila dari awal proyek sudah ada variabel waktu yang unrealistic maka sebaiknya dilakukan pembicaraan dan pertemuan dengan owner sehingga kedepannya bisa dimungkinkan adanya ekstra time untuk penyelesaian proyek


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s