saat getir di pagi hari

kita adalah bagian dari suatu massa yang sangat besar yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya,  Seperti rasi rasi bintang yang diambil dari karya Ptolomeus berjudul ALMAGEST, nama nama yang diambil dari mitologi dan kepercayaan Yunani dan Romawi. bagian bagian yang saling mengikat satu dengan yang lainnya.

kita adalah bagian dari sandiwara besar sisa cerita baratayuda sebuah judul naskah kakawin berbahasa jawa kuna yang ditulis Mpu Sedah atas perintah Maharaja Jayabahya dan rahmayana yang mensejajarkan diri dengan rindu, cinta dan kadang petaka yang datang dan pergi seperti tidak bisa ditebak, karena demikiannya kita adalah bagian yang tidak terpisahkan dari samsara yang ada dibumi nestapa.

demikian proses perputarannya, kita kadang tidak pernah tau kita mampu atau tidak dalam meraih sesuatu sampai akhirnya kita tanpa sadar sudah meraihnya, kita tidak pernah tau kemampuan dari badan dan tangan tangan yang sangat jarang diperlakukan dengan maksimal sampai titik point kemaksimalan itu sendiri. apa karena kita manusia mahluk yang mudah menyerah?

dan bukannya kita adalah bagian yang tidak pernah bisa kalah bila setiap kegagalan diikuti dengan prinsip bangkit lagi? ketika kita kalah kita berjuang lagi? ketika kita jatuh kita bangkit lagi, ketika kita turun kita mencoba mendaki lagi?

“Kau akan berhasil dalam setiap pelajaran, dan kau harus percaya akan berhasil, dan berhasillah kau; anggap semua pelajaran mudah, dan semua akan jadi mudah; jangan takut pada pelajaran apa pun, karena ketakutan itu sendiri kebodohan awal yang akan membodohkan semua” 
― Pramoedya Ananta Toer

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s