Sukses menurut kamu?

thought the road’s been rocky, it sure feels good to me -Bob Marley

dari semua article dan motivator journal, dari semua hasil pembicaraan CEO ternama di dunia yang di share di youtube.

so menurut kamu sukses mendefinisikan apa?

seminggu lalu seorang teman di taiwan mempertanyakan hal ini ke saya di LINE.

“rob, menurut kamu sukses itu apa?

…..
butuh waktu bagi saya untuk bisa benar benar mendefiniskannya, punya yumah mewah? mobil CRV/ V6/ Lambor? atau bekerja di perusahaan no.1 dengan rate gaji yang top? going overseas? atau malah dengan hanya mempunyai keluarga yang sederhana lengkap dengan kebahagiaan yang menjadi pondasi utuhnya? atau apa..

masing masing orang akan mendefenikan makna suksesnya masing masing-punya uang banyak dan terkenal adalah faktor yang terlalu makro, atau bilangan yang terlalu kaku untuk dijadikan formula suatu modelling. raw material yang terlihat indah, padahal sebenar benarnya masih perlu polesan dan weldingan atau potongan lebih detail lagi dari raw material tersebut. semacam bagan personal value-execise (please googling!)

sampai hari ini menurut hemat saya kesuksesan bukan karena materi, finansial atau berapa banyak bilangan mobil yang bisa saya parkir nantinya di garasi, atau berapa banyak harley davidson yang bisa saya pakai untuk menyusur jalan jalan macet kota jakarta or whatever it is.

menurut saya asumsi dan variabel kesuksesan adalah kondisi dimana saya bekerja dengan hati senang dan bisa berbagi kesenangan itu dengan orang orang lain. meaning? do somethings with meaning.

karena robert kiyosaki di salah satu bukunya pernah menulis

“when you are young work to learn, not to earn”

dan saya percaya kita berharga dengan segala usaha yang kita lalukan siapapun kita sekarang, apapun kerjaannya sekarang, berapapun gajinya sekarang karena itu cuma koefisien angka-angka atas pemenuhan kebutuhan yang sifatnya temporer tapi passion dan kebahagiaan akan bernilai gold
because you know? this is our journey, and we are worhty of the trip!

good night good people


One thought on “Sukses menurut kamu?

  1. sukses itu berulang kali. ketika kita punya satu tujuan, kemudian tercapai kita menganggapnya sukses. setelah itu, sukses akan mencari jalan lain, mencari tujuan lagi. terus seperti itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s